Aplikasi BPJS Kesehatan Android, iOS Download Terbaru 2022

0/5 No votes

Report this app

Description

Saat ini BPJS Kesehatan telah meluncurkan sebuah aplikasi yang memudahkan akses masyarakat pengguna Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Melalui aplikasi BPJS Kesehatan, Anda bisa mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan tanpa harus keluar rumah. Dengan aplikasi tersebut, Anda dapat menikmati fasilitas dan ragam fitur yang lengkap dan memudahkan.

Selain itu, nantinya para peserta JKN-KIS tidak perlu lagi datang ke kantor cabang BPJS dengan membawa kartu JKN untuk mengurus kepesertaan. Anda pasti penasaran ingin mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi ini. Silahkan simak terus informasinya pada artikel ini sampai selesai.

Mengenal Aplikasi BPJS Kesehatan

Mengenal-Aplikasi-BPJS-Kesehatan

Aplikasi yang didesain oleh BPJS Kesehatan bernama aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini memberikan kemudahan akses dan kenyamanan bagi peserta JKN-KIS.

Aplikasi Mobile JKN memuat informasi lengkap mengenai program JKN-KIS. Selain itu Anda juga dapat menggunakannya untuk merubah data peserta dan mengecek iuran.

Peserta akan lebih mudah mengurus kepesertaan JKN-KIS tanpa harus datang ke kantor cabang BPJS kesehatan. Jadi, aplikasi ini akan sangat memudahkan Anda karena fiturnya lengkap dan mudah digunakan.

Apalagi, Anda bisa mendapatkan informasi terkini seputar kesehatan di dalam aplikasi Mobile JKN ini.

Fitur-Fitur Aplikasi Mobile JKN

Aplikasi BPJS Kesehatan ini menyediakan ragam fitur yang akan sangat memudahkan Anda. Berikut ini fitur aplikasi Mobile JKN:

1. Info JKN

Info-JKN

Fitur info JKN berguna memberikan informasi secara lengkap. Seperti pendaftaran, sanksi, fasilitas, hak dan kewajiban peserta JKN dan manfaat yang didapatkan peserta.

2. Peserta

Peserta

Aplikasi Mobile JKN juga menyediakan fitur yang bisa Anda akses untuk melihat informasi kepesertaan, mulai dari nama, tanggal lahir,nomor BPJS, sampai kelas dan lokasi faskes. Selain itu, Anda juga dapat melihat informasi kepesertaan anggota keluarga Anda.

3. Kartu Peserta

Kartu-Peserta

Selanjutnya, ada fitur kartu peserta yang menampilkan foto kartu peserta. Fitur ini dapat Anda gunakan sebagai ganti jika Anda tidak membawa kartu BPJS.

4. Ubah Data Peserta

Ubah-Data-Peserta

Anda bisa mengubah data Anda sebagai peserta melalui fitur ini. Anda dapat mengubah, seperti nomor telepon, email,

faskes, alamat surat, pindah fasilitas  kesehatan tingkat pertama dan pindah kelas.

5. Pendaftaran Peserta

Pendaftaran-Peserta

Apabila Anda ingin mendaftar sebagai peserta, bukan Penerima Upah, maka bisa menggunakan aplikasi ini. Anda hanya perlu memasukkan nomor KTP untuk mendaftar.

Selanjutnya, Anda akan memperoleh informasi ke alamat e-mail yang telah terdaftar pada aplikasi Mobile JKN. Agar bisa menikmati layanan ini, Anda harus melakukan aktivasi melalui aplikasi tersebut. Setelah terdaftar sebagai peserta, masukkan nomor kartu JKN dan password pada JKN login.

6. Premi

Premi

Fitur premi akan memudahkan Anda untuk melihat tagihan iuran BPJS Kesehatan yang harus dibayar oleh PBPU dan anggota keluarga secara langsung.

7. Catatan Pembayaran

Catatan-Pembayaran

Fitur catatan pembayaran berfungsi untuk menunjukkan riwayat informasi pembayaran premi, denda dan pembayaran mobile.

8. Pembayaran

Pembayaran

Melalui fitur ini Anda bisa melakukan pembayaran premi BPJS kesehatan secara online. Anda juga bisa memilih dengan metode pembayaran yang tersedia.

9. Pendaftaran Autodebet

Pendaftaran-Autodebet

Fitur satu ini dapat memudahkan peserta JKN KIS untuk melakukan pembayaran iuran setiap bulannya.

10. Riwayat Pelayanan

Riwayat-Pelayanan

Pada aplikasi BPJS Kesehatan ini Anda juga bisa melihat informasi riwayat kunjungan dan pelayanan peserta BPJS melalui fitur riwayat pelayanan.

11. Skrining

Skrining

Skrining merupakan fitur yang menampilkan riwayat kesehatan untuk membantu Anda melihat potensi risiko penyakit Anda. Hasil skrining bisa Anda gunakan untuk melakukan konsultasi lanjutan atau tes faskes tingkat pertama.

12. Obat  yang Ditanggung

Obat-yang-Ditanggung

Melalui fitur ini, Anda bisa mencari informasi obat yang ditanggung ketika berobat. Anda juga bisa melihat nama obat, kandungannya dan restriksi obatnya.

13. Pendaftaran Pelayanan

Pendaftaran-Pelayanan

Dengan fitur ini Anda dapat dengan mudah mendaftarkan diri ke FKTP dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang memiliki sistem antrian.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan penilaian maupun masukan terhadap layanan yang diterima di FKTP.

14. Lokasi Fasilitas Kesehatan

 

Fitur yang tersedia di aplikasi Mobile JKN ini memuat informasi tentang lokasi FKTP dan FKRTL. Anda juga dapat mengetahui alamat, telepon dan fax kantor BPJS Kesehatan.

15. Cek VA

Cek-VA

Di dalam aplikasi Mobile JKN ini, Anda juga bisa mencari nomor Virtual Account peserta berdasarkan NIK melalui fitur Cek VA.

16. Fitur Pengaduan Keluhan

 

Anda jangan khawatir jika ingin melakukan pengaduan atau menyampaikan keluhan. Karena pada aplikasi BPJS Kesehatan ini pun tersedia fitur untuk mengajukan aduan atau keluhan yang tersambung ke BPJS Kesehatan Care Center.

17. Program Relaksasi Tunggakan

Program-Relaksasi-Tunggakan

Aplikasi ini menyediakan fitur pengajuan untuk mendapatkan keringanan dalam pembayaran iuran bagi peserta yang menunggak selama lebih dari 6 bulan.

18. Jadwal Tindakan Operasi

Jadwal-Tindakan-Operasi

Dengan aplikasi ini Anda dapat melihat jadwal operasi sesuai nama yang terdaftar di dalam aplikasi Mobile JKN. Anda juga dapat melihat jadwal operasi di rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

19. Ketersediaan Tempat Tidur

Ketersediaan-Tempat-Tidur

Anda sendiri mungkin sudah tahu bahwa bagi pengguna BPJS yang ingin berobat harus mencari tahu ketersediaan tempat tidur di rumah sakit terlebih dahulu.

Aplikasi ini menyediakan fitur yang dapat menunjukkan ketersediaan tempat tidur rumah sakit sesuai kelas. Informasi ketersediaan tempat tidur tersebut akan  terus diperbarui oleh pihak rumah sakit secara berkala.

20. Konsultasi Dokter

Konsultasi-Dokter

Fitur ini bisa Anda gunakan untuk melakukan komunikasi pada dokter di tempat FKTP terdaftar. Penyediaan fitur konsultasi dokter ini untuk mendukung penerapan physical distancing selama pandemi.

21. Skrining Mandiri Covid-19

 

Fitur terbaru ini dibuat agar peserta JKN-KIS dapat konsultasi dan bertanya perihal potensi penularan Covid-19. Melalui skrining mandiri Covid-19 ini, Anda bisa mengetahui potensi penyebaran virus Corona di lokasi tempat tinggal Anda.

Selain itu, Anda akan mendapatkan panduan dalam memantau kondisi kesehatan dengan melihat gejala-gejala penularan virus Corona.

Itulah 21 fitur keren yang tersedia di dalam aplikasi BPJS Kesehatan tersebut. Fiturnya sangat banyak dan memudahkan, bukan? Jadi, Anda tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan pelayanan BPJS.

 

Cara Download dan Menggunakan Mobile JKN

Cara-Download-dan-Menggunakan-Mobile-JKN

Link Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=app.bpjs.mobile

Jika ingin menggunakan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi Mobile JKN, Anda harus mendaftar pada aplikasi tersebut terlebih dahulu. Berikut ini cara mendaftar aplikasi Mobile JKN:

1. Bagi Pengguna yang Baru Akan Mendaftar BPJS Kesehatan

Jika ingin menjadi peserta JKN-KIS, Anda harus mendaftar BPJS Kesehatan terlebih dahulu melalui aplikasi BPJS Kesehatan. Di bawah ini adalah langkah-langkah pendaftarannya:

  • Download dan install aplikasi Mobile JKN melalui Play Store atau App Store.
  • Kemudian klik Daftar, lalu klik Pendaftaran Peserta Baru.
  • Selanjutnya, baca syarat dan ketentuan, kemudian klik “Saya setuju”.
  • Silahkan masukkan NIK E-KTP dan kode captcha, lalu klik selanjutnya.
  • Nantinya akan muncul data Anda beserta keluarga yang belum mempunyai BPJS kesehatan, klik selanjutnya.
  • Isilah data diri Anda sesuai yang diminta.
  • -Polihkan fasilitas kesehatan pertama, kelas perawatan serta faskes gini.
  • Langkah selanjutnya, masukkan alamat email aktif dan pilih simpan.
  • Anda akan mendapatkan nomor verifikasi melalui email tersebut. Silahkan salin nomor verifikasi tersebut ke Mobile JKN.
  • Selanjutnya, akan terlihat tampilan data peserta yang sudah terdaftar dan Anda akan mendapatkan nomor Virtual Account melalui email.
  • Langkah berikutnya yaitu membayar iuran sesuai dengan nomor Virtual Account tersebut. Anda bisa memilih pembayaran melalui bank, ATM, internet banking, kantor pos maupun merchant BPJS.
  • Jika sudah melakukan pembayaran, Anda sudah bisa menggunakan aplikasi Mobile JKN.

2. Bagi Peserta BPJS Kesehatan

Apabila Anda sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan dan mempunyai kartu JKN-KIS. Namun, belum mendaftar ke aplikasi Mobile JKN, maka bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Download dan install aplikasi Mobile JKN melalui Play Store atau App Store.
  • Selanjutnya, klik aktivasi akun.
  • Masukkan data, seperti nomor KTP/ NIK, nomor kartu BPJS, tanggal lahir, nama ibu kandung, email, nomor hp, password, dan konfirmasi password.
  • Data yang Anda isi harus sesuai dengan data yang sudah Anda daftarkan pada BPJS Kesehatan sebelumnya.
  • Buka email untuk melihat kode aktivasi yang telah dikirim oleh sistem Mobile JKN.
  • Jika sudah, masukkan kode verifikasi tersebut ke bagian verifikasi pendaftaran aplikasi Mobile JKN, kemudian klik verify.
  • Setelah proses verifikasi berhasil, Silahkan login dan memanfaatkan fitur yang ada di dalam aplikasi Mobile JKN tersebut.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Mobile JKN

Manfaat-Menggunakan-Aplikasi-Mobile-JKN

Anda sudah mengetahui ragam fitur yang tersedia pada aplikasi BPJS Kesehatan. Dengan menggunakannya, Anda akan merasakan banyak manfaat, di antaranya:

  • Memudahkan penggunanya untuk mengetahui informasi tagihan bagi anggota keluarganya telah terdaftar di BPJS Kesehatan. Karena adanya fitur premi yang bisa menunjukkan sisa tunggakan iuran yang belum dibayar.
  • Memudahkan penggunanya dalam mengganti data anggota yang terdaftar di Mobile JKN. Baik itu data email, alamat, nomor telpon, sampai fasilitas kesehatan. Anda tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk mengubahnya.
  • Memudahkan penggunanya untuk mendaftar antrian online pada fasilitas kesehatan yang telah dipilih. Pengguna cukup mendaftar antrian tersebut melalui smartphone.
  • Memudahkan penggunanya untuk mengetahui ketersediaan tempat tidur pada fasilitas kesehatan.
  • Memudahkan pengguna dalam melakukan konsultasi dengan dokter, karena tersedianya fasilitas konsultasi. Pengguna akan lebih leluasa menceritakan keluhan penyakitnya kepada dokter.

Kelebihan BPJS Kesehatan

Kelebihan-BPJS-Kesehatan

Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan BPJS Kesehatan beserta aplikasi Mobile JKN. Pasalnya ada banyak kelebihan yang dirasakan oleh penggunanya. Berikut ini kelebihan menggunakan BPJS Kesehatan:

1. Murah

Biaya BPJS Kesehatan terbilang murah. Namun meskipun murah, layanan yang diberikan kepada peserta bukanlah murahan. Anda hanya perlu membayar premi perbulan, untuk kelas 1 sebesar Rp.60.000,-, kelas 2 Rp.51.000,-, dan kelas 3 Rp.25.000,-

Dengan premi yang terbilang murah tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan layanan kesehatan lengkap. Mulai dari pemeriksaan, rawat inap, pembedahan obat dan lainnya. Bahkan, biaya persalinan dan cuci darah bisa didapatkan peserta dengan gratis.

2. Program Wajib

BPJS Kesehatan ini merupakan program pemerintah Indonesia yang diwajibkan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Hal tersebut sudah tertera di dalam undang-undang dan peraturan pemerintah yang mewajibkannya.

3. Tanpa Medical Check Up

Saat mendaftar di asuransi kesehatan swasta, biasanya Anda akan dikenai medical check up terlebih dahulu. Jika Anda terkena penyakit kritis dan telah berumur lebih dari 40 tahun, maka premi Anda akan semakin mahal.

Selain itu, bisa saja pengajuan polis Anda ditolak. Namun, jika mendaftar BPJS, di usia berapa pun Anda tetap bisa mendaftar dan tanpa medical check up. Bahkan, bayi yang masih dalam kandungan sudah bisa didaftarkan.

4. Jaminan Seumur Hidup

BPJS memiliki keunggulan berani menanggung perlindungan peserta hingga seumur hidup. Berbeda dengan pelayanan swasta yang umumnya memberi proteksi maksimal usia 100 tahun. Itupun belum ada testimoni secara pasti yang mengatakan asuransi swasta menanggung hingga 100 tahun.

5. Tanpa Ada Pengecualian

Dalam asuransi swasta, seseorang yang mengalami penyakit kronis bisa  saja mengalami penolakan. Jika memang diterima, akan dikenakan premi lebih mahal. Namun, di BPJS tidak ada pengecualian.

Selain itu, di BPJS Anda bisa mendaftar tanpa ditanyakan mengenai penyakit yang Anda derita. Jadi, prosesnya sangat memudahkan dan meringankan Anda untuk proses pengobatan.

6. Perubahan Data Dapat Dilakukan Secara Online

Hal yang paling menguntungkan lainnya, Anda bisa melakukan perubahan data tanpa harus datang ke kantor BPJS. Karena Anda bisa melakukannya secara online melalui aplikasi BPJS Kesehatan.

Dengan mengingat semakin membludaknya peserta BPJS, maka dibuatlah aplikasi Mobile JKN tersebut. Apalagi sejak munculnya virus Covid-19, yang mengharuskan masyarakat melakukan social distancing. Jadi, dibuatlah pelayanan BPJS secara online.

Kekurangan BPJS Kesehatan

Kekurangan-BPJS-Kesehatan

Dibalik semua kelebihan dari BPJS Kesehatan, ada juga kelemahannya. Berikut ini kekurangan atau kelemahan dari BPJS Kesehatan:

1. Metode Berjenjang

Di dalam layanan BPJS Kesehatan terdapat metode berjenjang saat melakukan klaim. Di luar keadaan darurat, Anda memang diharuskan memeriksakan penyakit ke faskes 1 terlebih dahulu. Anda harus pergi ke puskesmas atau klinik terdekat untuk memeriksakan penyakit Anda.

Setelah itu, jika pasien atau peserta BPJS tersebut perlu dirujuk ke rumah sakit, maka pasien baru bisa ke rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS. Jika di asuransi lain, Anda bisa langsung ke rumah sakit yang bekerjasama dengan pihak asuransi.

Memang proses menuju ke rumah sakit menggunakan asuransi swasta lebih mudah dan cepat dibandingkan BPJS.

2.     Hanya di Indonesia

Kekurangan yang kedua, yaitu layanan kesehatan BPJS hanya melindungi Anda untuk di wilayah Indonesia saja. Lain halnya dengan asuransi swasta yang dapat melindungi kesehatan peserta di rumah sakit di seluruh dunia.

3. Antri

Jika Anda berobat menggunakan layanan BPJS harus mengantri terlebih dahulu sebelum dipanggil giliran. Hal demikian karena BPJS digunakan oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia untuk berobat. Jadi, wajar jika Anda harus mengantri terlebih dahulu.

Nah, itulah informasi mengenai cara download dan menggunakan aplikasi BPJS Kesehatan. Anda sendiri sudah mengetahui banyak sekali fitur yang tersedia. Sehingga akan sangat memudahkan Anda untuk mendapatkan pelayanan BPJS.

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi Mobile JKN bisa mendownload melalui Google Play Store atau App Store. Aplikasi resmi dari BPJS ini sangat mudah ditemukan.

Demikianlah cara download dan menggunakan aplikasi BPJS Kesehatan yang sangat mudah dan cepat. Selamat menikmati layanan dan fitur dari aplikasi Mobile JKN.

 

Lihat Juga :

Comments closed.

Facebook comments