Cara Daftar UMKM BRI Online 2022 Lewat HP Gratis

0/5 No votes

Report this app

Description

app.megazio.com – Apa kamu sudah tau tentang UMKM? Jika kamu masih bingung bagaimana Cara Daftar UMKM 2022, maka bisa simak artikel ini ya sobat. Semenjak adanya musibah, banyak sekali terjadi ketimpangan ekonomi di negara ini sehingga membuat banyak orang yang merasakan kekurangan.

Berbagai sektor pemerintahan menurun akibat dari adanya musibah yang hingga kini masih jadi permasalahan berbagai negara. Bahkan tidak hanya di Indonesia musibah ini menjadi sebuah masalah, melainkan juga di berbagai negara besar dunia.

Salah satu dari banyaknya dampak yang dirasakan Indonesia yaitu semakin meningkatnya angka kemiskinan yang ada. Para pedagang kecil yang juga dengan terpaksa menutup usahanya karena kurangnya minat pembeli sejak masa sulit ini.

Sehingga banyak dari mereka yang mengeluhkan hal ini dan tentu saja pemerintah menanggapinya dengan serius. Yang mana pemerintah menanggapi hal tersebut dengan memberikan bantuan kepada para pelaku UMKM yang terdampak.

Yang mana bantuan ini sering disebut dengan bantuan UMKM atau UMKM BRI yang langsung diberikan oleh pemerintah. Bantuan tersebut berupa uang tunai sebesar 1,2 juta untuk perseorangan yang merupakan pelaku usaha.

Namun untuk bisa mendapatkan bantuan tersebut, kamu harus tahu cara daftar UMKM online lewat hp terlebih dahulu ya sobat. Nah jika kamu ingin mengikuti program tersebut dan tidak mengerti Cara Daftar UMKM, maka bisa simak penjelasan yang ada di bawah ini.

Baca Juga : Cara Daftar BPUM UMKM Online BRI 2022, Cek Tanggal Cairnya!

Sekilas Tentang BLT UMKM 2022

Cara Daftar UMKM

Sebelum membahas lebih dalam mengenai bagaimana Cara Daftar UMKM, maka disini kami akan menjelaskan terlebih dahulu tentang apa itu BLT UMKM. BLT UMKM adalah sebuah bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada para pelaku usaha mikro, kecil dan juga menengah.

Bantuan ini diberikan kepada para pelaku usaha berupa uang tunai kepada setiap pelaku UMKM yang terdampak. Adapun nominal yang diberikan yaitu sebesar 1,2 juta untuk setiap orang dengan tujuan untuk menambah keringanan yang dialami semenjak musibah ini.

Bantuan ini sudah disiapkan oleh pemerintah dengan anggaran sebesar 15,36 triliun rupiah untuk menjalankan program ini. BLT UMKM ini juga sering disebut dengan BPUM BRI yang bisa kamu dapatkan jika melakukan pendaftaran.

Kamu bisa mendaftarkan diri secara mandiri yaitu dengan cara online, atau bisa juga secara langsung kepada lembaga terkait. Namun pada saat mendaftarkan diri, kamu tentunya harus membawa berbagai persyaratan yang harus dipenuhi.

Yang mana persyaratan itulah yang nantinya akan menjadi pertimbangan apakah kamu layak menerima bantuan ini atau tidak. Nah untuk bisa mengetahui apa saja persyaratan dan juga bagaimana Cara Daftar UMKM BRI ini, maka kamu bisa simak penjelasan dibawah ini ya.

Syarat Daftar UMKM Online

Cara Daftar UMKM

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, bahwa jika kamu ingin mendapatkan bantuan tunai langsung dari pemerintah ini harus menggunakan persyaratan. Adapun syarat utama yang harus kamu penuhi yaitu kamu merupakan seorang pelaku usaha mikro yang terdampak musibah ya gaes.

Namun selain itu pastinya ada beberapa persyaratan lainnya yang juga harus kamu penuhi pada saat melakukan pendaftaran. Ingin tahu apa saja hal-hal yang harus kamu penuhi pada saat ingin melakukan pendaftaran? Yuk lihat pada penjelasan di bawah ini.

  • Merupakan seorang pelaku usaha mikro kecil dan menengah.
  • Asli warga negara Indonesia dan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan juga Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Bukan merupakan seorang TNI, Polri, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Aparatur Sipil Negara (ASN) dan juga pegawai BUMN dan BUMD.
  • Tidak sedang mendapatkan pinjaman dari pihak bank manapun.
  • Pendaftar memiliki SKU (Surat Keterangan Usaha) yang diterbitkan oleh lembaga berwenang.

Nah beberapa syarat di atas merupakan syarat umum yang harus kamu penuhi, adapun beberapa syarat berupa dokumen yang juga harus kamu penuhi yaitu :

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tercantum dalam KTP.
  • Alamat tempat tinggal sekarang.
  • Nomor telepon yang aktif.
  • Memiliki SKU jika usaha yang dijalankan berbeda tempat dengan wilayah tempat tinggal kamu.
  • Memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).
  • Melampirkan Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM) yang diterbitkan dari lembaga berwenang.

Nah itulah syarat-syarat yang harus kamu penuhi jika ingin mendaftarkan diri menjadi calon penerima bantuan UMKM.

Cara Daftar UMKM 2022 Online Lewat HP Android

Cara Daftar UMKM

Jika semua persyaratan telah kamu ketahui, maka hal selanjutnya yang juga harus kamu ketahui yaitu bagaimana Cara Daftar UMKM BRI tahap 3. Kamu bisa mendaftarkan diri dengan mengikuti semua prosedur dan juga syarat yang telah ditentukan ya sobat.

Nah disini kami akan membantu kamu yang masih belum mengerti dengan jelas terkait bagaimana Cara Daftar UMKM online lewat hp. Langsung saja silahkan kamu simak beberapa langkah yang sudah kami siapkan terkait Cara Daftar UMKM berikut ini.

  • Langkah pertama, silahkan kamu buka browser di handphone masing-masing dan kunjungi tautan “https://oss.go.id/”.
  • Lalu akan muncul tampilan dan silahkan kamu pilih masuk, jika kamu belum mendaftar, maka silahkan klik daftar.
  • Jika sudah, maka silahkan akmu klik perizinan usaha dan pilih perseorangan.
  • Lalu kamu akan diminta mengisi formulir dan silahkan kamu isi data dengan benar.
  • Jika data sudah kamu isi, silahkan pilih simpan dan lanjutkan.
  • Bagi kamu yang memiliki usaha kecil maka bisa pilih mengisi formulir komitmen prasarana usaha untuk mengajukan izin lokasi dan lingkungan.
  • Lalu klik lanjutkan.
  • Lalu kamu bisa lihat rangkuman data apakah sudah benar dan lengkap atau belum.
  • Jika data sudah benar, maka silahkan kamu klik tanda centang pada kotak disclaimer.
  • Lalu silahkan lanjutkan dengan proses NIB.
  • Selesai, jika langkah di atas kamu lakukan dan sudah mendapatkan NIB, maka kamu sudah terdaftar menjadi calon penerima UMKM.

Nah itu dia beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk Cara Daftar UMKM, cukup mudah bukan?

Cara Cek Penerima Bantuan UMKM

Setelah penjelasan tentang Cara Daftar UMKM, selanjutnya kami juga membagikan kepada kamu bagaimana cara cek penerima bantuan UMKM. Pastinya kamu penasaran bukan dengan bagaimana hasilnya setelah kamu mendaftar UMKM dan apakah menjadi salah satu penerima atau tidak.

Jadi, yuk kamu simak langkah-langkahnya pada penjelasan yang sudah kami siapkan dibawah ini.

  • Pertama silahkan kamu buka tautan “https://eform.bri.co.id/bpum”.
  • Lalu silahkan kamu masukkan nomor KTP dan juga kode verifikasi melalui kolom yang disediakan.
  • Kemudian silahkan klik proses inquiry.
  • Jika sudah, maka nantinya akan muncul pemberitahuan apakah kamu terdaftar menjadi penerima atau tidak.

Itulah beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk bisa mengecek apakah kamu menerima bantuan atau tidak. Jika kamu menerima bantuan, maka kamu bisa langsung datang ke bank BRI terdekat dan membawa persyaratan yang kami bagikan di atas.

Baca Juga : Cara Cairkan BPUM BRI Lewat Online 2022, Info Pencairannya!

Baiklah sampai sini saja penjelasan yang bisa kami bagikan, sampai jumpa pada artikel selanjutnya ya, terimakasih.

Comments closed.

Facebook comments