Gangguan Yang Menyebabkan Kelainan Pada Fungsi Ginjal Adalah

0/5 No votes

Report this app

Description

Gangguan Yang Menyebabkan Kelainan Pada Fungsi Ginjal Adalah – Program Studi DIII Rekam Medis dan Informatika Kesehatan – Mata Kuliah Pendampingan Patologi Saluran Kemih 5 Semester 3 SKS Dr. Noor Yulia

Pembahasan dalam mata kuliah ini meliputi patofisiologi/patologi, terminologi medis dan klasifikasi penyakit, serta kejadian medis yang melibatkan sistem perkemihan sebagai dasar pencapaian kompetensi pengkodean klinis.

Gangguan Yang Menyebabkan Kelainan Pada Fungsi Ginjal Adalah

3 TUJUAN BELAJAR Mampu memahami hubungan antara struktur dan fungsi sistem saluran kemih. Terapi Memahami prosedur penentuan kode diagnostik sistem urinarius berdasarkan ICD-10 dengan benar. Mampu memahami dan menentukan dengan benar kode praktik kedokteran urologi berdasarkan ICD-9-CM

Ciri Ciri Penyakit Ginjal Stadium Awal Yang Perlu Diwaspadai

Daftar Pustaka F 2003 Jurnal Fisiologi Medis Jurnal Fisiologi Medis ke-21. 2002 Fisiologi Medis Phyllis E Davis 1967 Terminologi Medis teks terprogram 2nd John Wiley & Sons Inc. New York Marie A.Maisio and Elmer W.Moisio, 2002 Medical Center MEDICAL – LOGOLOGY Thomson Learning, Canada MEDICAL TERMINOLOGY, An Illustrated Gude, 4th, ed .. Schraffenberger, Lou Ann, 2006, AISICD-9 BASIMA ODING

7 Anatomi Fungsional Setiap tubulus ginjal dan glomerulus membentuk satu kesatuan yang disebut nefron Setiap ginjal manusia memiliki sekitar 1,3 juta nefron (ukuran ginjal tergantung pada nefron yang dibentuknya) Bagian dari nefron disebut lengkung Henle (melengkung). Sangat panjang dan tipis, terutama glomerulus yang dibentuk oleh intususepsi nefron juxtamedullary menghubungkan kapiler glomerulus dengan perluasan di ujung buntu nefron, yang disebut kapsul Bowman. Kapiler menerima darah dari arteriol aferen, dan darah kemudian keluar melalui arteriol eferen. lebih kecil dari aferen).

Tubulus ginjal terdiri dari tubulus berbelit-belit proksimal, lengkung Henle (bagian turun dan naik), dan tubulus berbelit-belit distal. Kumpulan beberapa tubulus kontortus distal bergabung dengan duktus pengumpul tempat filtrat mengalir ke pelvis ginjal.

9 Ada 2 lapisan sel yang memisahkan darah dari filtrat glomerulus pada kapsul Bowman: endotel kapiler dan epitel kapsul khusus (terdiri dari podosit yang terletak di kapiler glomerulus). Dua lapisan sel dipisahkan oleh lamina basal, yang membentuk selubung untuk dua kapiler. Antara lamina basal dan endotelium terdapat kekuatan kontraktil dan sel stellate yang dikenal sebagai sel mesangial memainkan peran penting dalam proses pengaturan filtrasi glomerulus. Sel mesangial juga mengeluarkan berbagai zat, mengambil kompleks imun, dan terlibat dalam patogenesis penyakit glomerulus.

Apa Itu Penyakit Ginjal Kronis (pgk)?

Sel-sel epitel (podosit) memiliki banyak podia palsu yang saling mengunci membentuk pori-pori penyaring di sepanjang dinding kapiler, yang masing-masing ditutupi oleh membran tipis. Secara fungsional, membran glomerulus dapat melewati material dengan diameter 4 mm dan material yang lebih besar dari 8 mm. Pada manusia, total luas persegi endotel kapiler glomerulus, tempat berlangsungnya proses filtrasi, adalah sekitar 0,8 m2.

11 Epitel dinding duktus pengumpul terdiri dari sel utama (sel P) dan sel interkalasi (sel I), dimana sel P berperan dalam reabsorpsi Na dan air, yang dirangsang oleh hormon vasopresin. Ada juga beberapa sel yang berperan dalam sekresi asam dan transportasi HCO3. Sejumlah besar getah bening dari ginjal mengalir dari duktus toraks melalui sirkulasi vena toraks. Kapsul yang mengelilingi ginjal tipis dan kencang, membatasi pembengkakan yang memberi tekanan lebih pada jaringan pada edema kapsul ginjal (renal interstitial pressure). Hal ini menyebabkan penurunan laju filtrasi glomerulus dan diduga memperburuk keadaan anurik gagal ginjal akut.

Proses Filtrasi Glomerulus: Cairan di ginjal menyaring melalui dinding kapiler glomerulus ke dalam tubulus ginjal, saat melewati tubulus ginjal, volume filtrat berkurang dan komposisinya berubah karena proses reabsorpsi tubular. -penyerapan air dan zat terlarut dari cairan tubular) dan terjadi selama proses sekresi tubular, menyaring cairan dan zat terlarut yang tersisa untuk membentuk urin, yang mengalir ke pelvis ginjal. Dari pelvis ginjal, ureter membawa urin ke kandung kemih (ureter – ureter/kandung kemih), yang disebut proses berkemih/berkemih.

Angiotensin II adalah pengatur penting kontraksi sel mesangial, dan reseptor angiotensin II terdapat di glomerulus.Angiotensin II memberikan efek kontraktil yang lebih besar pada eferen daripada pada arteriol aferen.

Apa Itu Batu Ginjal?

Sekelompok 14 prostaglandin meningkatkan aliran darah ke korteks ginjal dan menurunkan aliran darah ke medula ginjal. Asetilkolin menyebabkan vasodilatasi pembuluh darah ginjal Diet tinggi protein meningkatkan tekanan darah di kapiler glomerulus dan meningkatkan aliran darah melalui ginjal. Fungsi utama dari korteks ginjal adalah untuk menyaring sejumlah besar darah melalui glomerulus.Metabolisme melibatkan reabsorpsi Na dan ekstraksi O2 di medula ginjal, khususnya di lengkung Henle di tubulus ginjal. darah

Pengaturan konsentrasi Na dan Cl dalam darah Keseimbangan asam-basa dalam darah Pengeluaran sisa metabolisme dan elektrolit dalam tubuh: elektrolit tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh Pengeluaran kelebihan garam (Na dan Cl)

16 Urin Urin jernih, sedikit kuning yang diwarnai oleh urobilinogen (berasal dari bilirubin) Urin keruh menunjukkan kristal garam atau urin mukoid yang memiliki bau menyengat akibat pembentukan amonia (NH3) dari ion urea atau amonium. Urin bersifat asam (pH < 7), makanan yang mengandung banyak protein menurunkan nilai pH urin. Diet kaya sayuran meningkatkan pH urin

17 Jika kita menahan urin terlalu sering, hasilnya adalah reabsorpsi urin oleh pembuluh dan uranalia, yang mengandung banyak urin di dalam pembuluh. Mengambil sulfonamida yang tidak cocok (tidak cukup larut) dengan air yang Anda minum dapat menyebabkan glomerulus mengkristal, sehingga corong glomerulus dapat melarutkan protein. Alpha renin dapat terbentuk pada glomeruli yang rusak, dan ketika memasuki pembuluh darah, mengalir ke jantung dan menembus ke seluruh tubuh, muncul kelainan di tepi pembuluh darah, jantung memompa lebih aktif. Akibatnya, jika ini terjadi secara kronis, orang menjadi lemah hati.

Ketahui Tentang Tes Fungsi Ginjal

18 Istilah GFR : Laju Filtrasi Glomerulus; laju filtrasi glomerulus Albuminuria: adanya albumin dalam jumlah yang signifikan dalam urin (biasanya sebagian besar protein tidak disaring dalam urin, tetapi berasal dari sel tubulus ekskretoris). Ambang Glukosa Renal: Kadar glukosa plasma ketika kadar glukosa urin melebihi tingkat ekskresi normal TBW: Total Air Tubuh: Total air tubuh, khususnya persentase berat air relatif terhadap total berat badan, bervariasi menurut jenis kelamin, usia, dan lemak tubuh. isi.

19 Diuresis Osmotik: Adanya zat terlarut dalam jumlah besar yang tidak diserap kembali di tubulus ginjal menyebabkan peningkatan diuresis, peningkatan kadar zat ini menyebabkan air tertahan di tubulus, dan konsentrasi Na dalam cairan tubulus menurun. penurunan reabsorpsi air dalam tubulus Penurunan karena peningkatan zat terlarut yang tidak diserap kembali dalam cairan Klirens air bebas bersih: Ukuran air yang diperoleh atau hilang karena ekskresi urin yang pekat atau encer.

20 Istilah Anuria : Gangguan fungsi ginjal tanpa produksi urin Batu ginjal : Akumulasi kristal kalsium fosfat akibat statis urin Dehidrasi : Kekurangan cairan dalam tubuh Diuretik : Sekelompok obat yang merangsang sekresi/ekskresi urin : Batas yang dibutuhkan oleh tubuh tubuh untuk menyeimbangkan proses eliminasi produk metabolisme dalam jumlah yang berlebihan. Poliuria: haluaran urin yang banyak dan encer Proteinuria: kelebihan protein dalam urin Retensi urin: retensi urin dalam kandung kemih

21 Disuria : Kesulitan buang air kecil, sering disertai rasa panas dan nyeri seperti terbakar, biasanya karena peradangan pada kandung kemih dan uretra. Obstruksi saluran kemih dapat disebabkan oleh: batu ureter, jaringan parut ureter, pembesaran prostat, kelainan bawaan, kanker rahim, darah, darah dari ginjal, kandung kemih uretra, dan kandung kemih itu sendiri. uremia; Urea merupakan hasil akhir pemecahan produk metabolisme/produk sisa protein di dalam ginjal, yang menumpuk di dalam darah dan menimbulkan gejala keracunan uremia: letargi, anoreksia, mual, muntah, gangguan jiwa, koma, anemia.

Gejala Perubahan Warna Urine Gangguan Ginjal Akut Pada Anak Halaman All

Patofisiologi penyakit ginjal dapat dibagi menjadi 5 kategori: gagal ginjal akut, ketika ginjal tiba-tiba berhenti bekerja, penyakit ginjal kronis, di mana banyak nefron rusak secara bertahap hingga gagal ginjal, penyakit ginjal hipertensif, lesi vaskular/glomerulus, Syndrome-inducing hipertensi nefrotik, kelebihan glomerulus menjadi bocor, menyebabkan sejumlah besar protein disekresikan ke dalam urin.

Perubahan aliran darah ginjal Perubahan tekanan hidrostatik kapiler glomerulus Perubahan tekanan arteri sistemik Infark atau stroke arteri Perubahan kapsul Bowman Tekanan hidrostatik dalam kapsul ginjal Obstruksi karena edema ginjal

Yang menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal adalah, gangguan ginjal adalah, yang menyebabkan gangguan fungsi ginjal, yang menyebabkan gangguan fungsi ginjal adalah, yang menyebabkan gagal ginjal, gejala gangguan fungsi ginjal, kelainan dan gangguan pada ginjal, kelainan atau gangguan yang terjadi pada ginjal adalah, gangguan pada ginjal, obat gangguan fungsi ginjal, gangguan yang menyebabkan kelainan fungsi ginjal, gangguan yang mengakibatkan kelainan pada fungsi ginjal yaitu

Comments closed.

Facebook comments