Mengapa Indonesia Memiliki Keanekaragaman Flora Dan Fauna

0/5 No votes

Report this app

Description

Mengapa Indonesia Memiliki Keanekaragaman Flora Dan Fauna – BAB 9 KEANEKARAGAMAN HAYATI DI INDONESIA Ada banyak jenis tumbuhan dan hewan di lingkungan kita. Jika diperhatikan dengan seksama, ternyata setiap jenis makhluk hidup di sekitar kita memiliki ciri khasnya masing-masing, antara lain variasi ukuran, bentuk, jumlah dan warna, sehingga membentuk keanekaragaman organisme yang disebut keanekaragaman hayati. Dalam keanekaragaman hayati ini, organisme yang sejenis memiliki karakteristik yang sama, sedangkan organisme yang berbeda jenis juga memiliki karakteristik yang berbeda. SEBARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DI INDONESIA Di dunia terdapat enam zona persebaran hayati (biogeografis), yaitu Kawasan Neotropis, Kawasan Nearktik, Kawasan Etiopia, Kawasan Palaeoarktik, Kawasan Timur, dan Kawasan Australasia. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan lebih dari 1.000 pulau yang terbentang dari ujung barat Pulau Sabang hingga ujung timur Pulau Merauke. Karena Indonesia terletak di daerah tropis, pertengahan antara wilayah Timur dan Austrasia, maka Indonesia memiliki berbagai macam habitat, termasuk hutan basah dan kering, rawa permanen, padang rumput, padang pasir, dan pegunungan bersalju.

Indonesia terletak di daerah tropis, sehingga keanekaragaman hayatinya sangat banyak dibandingkan subtropis (iklim sedang) dan kutub (iklim kutub), misalnya Indonesia memiliki hutan hujan tropis. Sebagai perbandingan, meskipun ada sekitar 300 spesies pohon di hutan tropis di kawasan yang sama, hanya ada satu atau dua spesies pohon di hutan beriklim sedang. Inilah mengapa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati tertinggi di dunia, di samping Brazil dan Zaire. A. Faktor-Faktor Penunjang Terciptanya Keanekaragaman Hayati Di negara kita, Indonesia memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang sangat besar. Suatu wilayah kepulauan merupakan gugusan pulau dengan ciri geografis yang sangat kompleks, sehingga kehidupan tumbuhan dan hewan berkembang dan berubah sesuai dengan itu. Selain itu, kehidupan tumbuhan dan hewan juga dipengaruhi oleh perubahan cuaca. 1) Iklim 2) Faktor relief tanah 3) Faktor tanah b. Jenis vegetasi Indonesia 1) Indonesia Barat 2) Indonesia Timur 3) Indonesia Tengah c. Hewan Indonesia

Mengapa Indonesia Memiliki Keanekaragaman Flora Dan Fauna

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, persebaran organisme di Indonesia berada di antara kawasan timur, kawasan Australia, dan kawasan peralihan, sehingga memiliki ciri khas tersendiri. A. Kawasan Timur (Western Region of Indonesia) Kawasan Timur meliputi kawasan barat Indonesia yaitu Kalimantan, Sumatera, Jawa dan Bali yang terdiri dari hutan hujan tropis dengan tumbuhan yang termasuk dalam famili Diperocarpaceae. Famili Dipterocarpaceae merupakan tumbuhan tertinggi, membentuk tajuk hutan dan menghasilkan biji bersayap. Tumbuhan yang termasuk dalam famili Dipterocarpaceae adalah dipterocarp (Dipterocarpaceae), meranti (Shorea spp), linden (Dryo-balanops aromaa) dan garu (Gonystylus bancanus), tetapi merupakan ciri khas tumbuhan hutan hujan tropis.Udaranya padat dan padat. liana seperti mangga (Mangifera indica), durian (Durio zibethinus) dan cemara (Artocarpus). b. Wilayah Australia (Indonesia Bagian Timur) Wilayah Australia meliputi bagian timur Indonesia, khususnya Maluku dan Papua. Daerah ini memiliki hutan dengan pohon-pohon rendah dan datar seperti matoa dan ficus (keluarga pisang). c) Zona Peralihan (Indonesia Tengah) Zona transisi merupakan kawasan yang memiliki keanekaragaman hayati di kawasan timur dan kawasan Australia. Wilayah ini meliputi bagian tengah Indonesia yaitu Sulawesi dan Nusa Tenggara. Eucalyptus dan marsupial ditemukan di daerah ini, yang menyerupai tumbuhan dan hewan di wilayah Australia.

Pengelolaan Ekonomi Dengan Pelestarian Keanekaragaman Hayati

Penyebaran satwa yang hidup di Indonesia antara wilayah timur, wilayah Australia dan wilayah peralihan, sehingga sangat unik dan memiliki banyak flora dan fauna yang langka. A. Tanaman langka Apakah di daerah Anda terdapat tanaman seperti sawo, sukun, matoa, sorgum atau kluwak? Tumbuhan ini termasuk tumbuhan langka. Pohon ini langka karena populasinya semakin menurun.

1) Sawo (Manilkara elasticus) 2) Biji jawawut (Artocarpus communis) 3) Babi jantan (Artocarpus heterophyllus) 4) Gandaria (Bouea macrophylla) 5) Bedali (Radermachera gigantea) (Pometia) 7) (Pometia) 6) Pangium edule) 8 ) Mundu (Garcinia dulcis) 9) Winong (Tetrameles mudiflora) 10) Putat (Plannhonia valida) 11) Bendo (Artocarpus elasticus) 12) Sorgum (Metroxylon sorghum) b. Hewan langka 4. Flora dan fauna endemik Indonesia a. Tumbuhan endemik b. Hewan endemik

Tidak ada makhluk hidup di bumi ini yang dapat hidup sendirian, bahkan manusia pun tidak. Seseorang selalu membutuhkan makhluk hidup lain dalam hidupnya, seperti pasangan hidup, bahkan tumbuhan dan hewan sebagai sumber makanan atau bahan baku kehidupan, dan Tumbuhan memiliki peran yang lebih banyak lagi. dan binatang kembali. bermain dalam kehidupan seseorang. Tumbuhan dan ternak berperan penting dalam kehidupan manusia, antara lain sebagai bahan pangan, sandang, bahan bangunan rumah, sumber pendapatan, sumber bibit penyakit, obat-obatan, sumber ilmu pengetahuan, dan dekorasi. Pertama. Sumber pangan 2. Sumber sandang 3. Sumber bahan bangunan dan peralatan rumah tangga 4. Sumber pendapatan 5. Sumber bibit 6. Bahan ilmiah 7. Sumber tumbuhan obat

SATU. Buah mengkudu diketahui memiliki efek preventif dan kuratif pada tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit lainnya. b. Remujung dan tempuyung diketahui ampuh menghancurkan batu ginjal. c. Cacing tanah mempunyai efek kuratif terhadap tifus. Yuk coba sebutkan beberapa tanaman yang bisa dijadikan obat! Cari informasi tentang itu di buku, majalah, surat kabar, dan bahkan di Internet. Nomor 8. Musim semi yang indah

Adopsi Hutan, Upaya Bersama Melestarikan Hutan

Keanekaragaman hayati yang ada di Bumi bukanlah sesuatu yang permanen, artinya dapat berubah sewaktu-waktu, terutama secara kuantitatif. Padahal, keanekaragaman hayati negara kita sedang menghadapi perubahan yang cenderung menurun, terkadang hanya ada sedikit tanaman dan ternak. Perubahan keanekaragaman hayati sebagian besar disebabkan oleh aktivitas manusia, bencana alam, dan seleksi alam. Jika aktivitas manusia dapat mengurangi keanekaragaman hayati dikatakan merugikan, sedangkan aktivitas manusia dapat meningkatkan keanekaragaman hayati dikatakan bermanfaat.

Untuk hidup o. Pembukaan hutanb. Resapan lahan basah c. Penambangan bahan galian d. Pencemaran lingkungan e. Pilihan 2. Aktivitas manusia menguntungkan keanekaragaman hayati Aktivitas manusia menguntungkan keanekaragaman hayati adalah aktivitas manusia yang dapat meningkatkan jumlah keanekaragaman hayati, seperti regenerasi hutan, penangkaran, persilangan dan konservasi alam. A. hijau b. Penjara c. Pernikahan silang d. Lindungi alam

Konservasi sumber daya hayati adalah pengelolaan sumber daya hayati yang dimanfaatkan secara bijaksana untuk menjamin kelangsungan persediaannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas, keanekaragaman, dan nilainya. Perlu Anda ketahui bahwa konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya didasarkan pada konservasi dan pemanfaatan sumber daya alam hayati dan ekosistemnya secara serasi dan seimbang. Tujuannya adalah bertindak untuk melestarikan sumber daya hayati dalam keseimbangan ekosistemnya sehingga dapat lebih mendukung upaya peningkatan keseimbangan dan peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup.

11 Berikut beberapa kawasan sumber daya alam hayati Indonesia yang dibuka oleh pemerintah: 1 . Hutan Lindung a. cagar alamb. Taman Nasional c. cagar alam d. Taman Hutan Raya e. Hutan wisata f. Bepergian 2. Kawasan lindung laut dan kelautan adalah kawasan yang mewakili ekosistem unik di lautan dan badan air lainnya yang merupakan habitat alami yang menyediakan tempat dan perlindungan bagi tumbuhnya keanekaragaman tumbuhan dan hewan yang ada. Contoh dari Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara. 3. Kebun raya Kebun raya adalah kumpulan tumbuhan yang tumbuh di satu tempat dan berasal dari daerah yang berbeda. Keberadaan kebun raya ditujukan untuk pendidikan, ilmu pengetahuan, perlindungan tanah dan sekaligus sebagai objek wisata. Misalnya Kebun Raya Bogor di Jawa Barat, Kebun Raya Purwodad di Jawa Timur.

Keanekaragaman Hayati Khas Indonesia

TINGKAT KEANEKARAGAMAN HAYATI 1. Keanekaragaman Gen a. Keragaman genotipik b. Keanekaragaman Fenotipik 2. Keanekaragaman Jenis Tingkat 3. Keanekaragaman Ekosistem

Untuk mengoperasikan situs web ini, kami menyimpan data pengguna dan membaginya dengan pemroses. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie kami. Indonesia adalah negara dengan keanekaragaman hayati yang besar, yang berarti keragaman besar, lalu mengapa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat banyak? Tentu banyak faktor yang mempengaruhi.

Salah satu alasan Indonesia memiliki begitu banyak keanekaragaman hayati adalah karena Indonesia memiliki banyak spesies endemik (spesies yang hanya terdapat di Indonesia).

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi karena dua faktor. Faktor tersebut adalah faktor geografis dan iklim.

Flora Dan Fauna Punah, Biodiversitas Terganggu, Tanggung Jawab Siapa?

Wilayah Indonesia terletak di antara dua benua, Asia dan Australia. Oleh karena itu, Indonesia bagian barat memiliki flora dan fauna Asia, sedangkan Indonesia bagian timur memiliki flora dan fauna Australia.

Indonesia juga merupakan negara kepulauan. Negara kepulauan memiliki banyak kawasan yang dapat dijadikan sebagai habitat bagi berbagai jenis tumbuhan/hewan. Spesiasi menghasilkan spesies endemik, baik tumbuhan maupun hewan.

Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis. Letak Indonesia yang berada di garis khatulistiwa membuat Indonesia beriklim tropis. Iklim tropis mempengaruhi intensitas curah hujan dan sinar matahari. Hal ini pada akhirnya membuat pertumbuhan tanaman menjadi subur, sehingga keanekaragaman vegetasi Indonesia dapat meningkat. Pertumbuhan vegetasi yang subur juga mempengaruhi keragaman hewan yang hidup di dalamnya.

Menurut buku Keanekaragaman Hayati Indonesia Saat Ini, Elizabeth A. Wijaya, 2014, ada bukti lengkap mengapa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi dengan uraian tersebut.

Menjaga Hutan Sejak Dari Rumah

2. Negara kepulauan ini merupakan rumah bagi 115 spesies mamalia (mamalia), atau 12% dari 515 spesies mamalia dunia.

4. Memiliki 25.000 spesies tumbuhan berbunga, atau 10% dari total jumlah tumbuhan berbunga di dunia. Secara umum Indonesia memiliki sekitar 38.000 jenis tumbuhan tingkat tinggi yaitu tumbuh-tumbuhan

Flora dan fauna indonesia, mengapa persebaran flora dan fauna di dunia tidak merata, mengapa flora dan fauna indonesia harus dilestarikan, keanekaragaman flora dan fauna, mengapa flora dan fauna harus dilestarikan, mengapa indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, mengapa indonesia memiliki keanekaragaman yang tinggi, mengapa flora dan fauna di indonesia harus dilestarikan, negara yang memiliki sekitar 5 spesies flora dan fauna dunia, keanekaragaman flora dan fauna di indonesia, mengapa indonesia memiliki keragaman flora dan fauna, keanekaragaman fauna di indonesia

Comments closed.

Facebook comments