Mengapa Indonesia Memiliki Keanekaragaman Hayati Yang Tinggi

0/5 No votes

Report this app

Description

Mengapa Indonesia Memiliki Keanekaragaman Hayati Yang Tinggi – Indonesia adalah negara megabiodiversitas yang berarti keanekaragaman hayatinya sangat banyak, mengapa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi? Secara alami, mereka dipengaruhi oleh banyak faktor.

Salah satu alasan mengapa Indonesia memiliki begitu banyak keanekaragaman hayati adalah karena Indonesia memiliki banyak spesies endemik (spesies yang hanya dapat ditemukan di Indonesia).

Mengapa Indonesia Memiliki Keanekaragaman Hayati Yang Tinggi

Ada dua faktor yang membuat Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi. Faktor tersebut adalah faktor geografis dan faktor iklim.

Hari Keanekaragaman Hayati Internasional Dan Indonesia Sebagai Negara Megabiodiversity

Wilayah Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Asia dan Australia. Dengan demikian, Indonesia Barat memiliki flora dan fauna tipe Asia dan Indonesia Timur memiliki flora dan fauna tipe Australia.

Indonesia juga merupakan negara kepulauan. Negara kepulauan memiliki banyak wilayah yang dapat dijadikan habitat bagi berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Spesies tersebut akan menciptakan spesies endemik, baik tanaman maupun hewan.

Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis. Karena Indonesia terletak di garis khatulistiwa, maka Indonesia beriklim tropis. Iklim tropis dipengaruhi oleh curah hujan dan intensitas sinar matahari. Hal ini pada akhirnya menghasilkan pertumbuhan tanaman yang subur, yang dapat berkontribusi pada keanekaragaman flora di Indonesia. Pertumbuhan tanaman yang subur juga akan mempengaruhi keanekaragaman hewan yang ada.

Menurut buku Keanekaragaman Hayati Indonesia Saat Ini, Elizabeth A. Wijaya, 2014, terdapat bukti komprehensif bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, berikut dengan uraiannya.

Keanekaragaman Hayati, Apakah Penting Untuk Keberlangsungan Makhluk Hidup? Yuk Kita Lihat Bagaimana Kondisinya Saat Ini!

2. Ada 115 mamalia (menyusui) atau 12 persen dari 515 mamalia dunia di negara kepulauan ini.

4. Memiliki 25.000 tumbuhan berbunga atau 10 persen tumbuhan berbunga dunia. Secara umum, Indonesia memiliki sekitar 38.000 jenis tumbuhan, yaitu tumbuhan yang memiliki daun, akar, dan batang.

5. Indonesia memiliki banyak jenis terumbu karang dan ikan, termasuk 97 jenis ikan karang yang hanya hidup di perairan laut Indonesia. Ada sekitar 1.400 jenis ikan di Indonesia. (DNR) Banyak orang bertanya-tanya mengapa Indonesia memiliki begitu banyak keanekaragaman hayati? yang menyebabkan kebingungan besar bagi mereka yang tidak mengerti.

Terkadang pertanyaan-pertanyaan yang diajukan di sekolah melatih kita untuk meningkatkan daya ingat dan juga untuk mengukur pengetahuan kita.

Akm Literasi 1 Activity

Dengan pertanyaan atau pertanyaan, kita dapat mengukur seberapa baik kita mengingat dan memberikan jawaban yang tepat.

Nah, jika kamu kurang ingat jawabannya dengan baik, kamu bisa cek jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut mengapa Indonesia memiliki begitu banyak keanekaragaman hayati.

Baca Juga: BERITA TAMBAHAN: Gempa Magnitudo 6,2 Guncang Jember Jatim Hari Ini, BMKG: Tidak Ada Tsunami

Tingginya tingkat keanekaragaman flora dan fauna Indonesia disebabkan oleh karakteristik geografis sumber daya hutan Indonesia yang terletak di sekitar garis khatulistiwa dan tersebar di ribuan pulau serta berada di antara daratan Asia dan Australia.

Faktor Yang Membentuk Keanekaragaman Hayati, Apa Saja?

Demikian informasi dan jawaban atas pertanyaan mengapa Indonesia memiliki begitu banyak keanekaragaman hayati yang Anda cari.

Anda bertanggung jawab atas jawaban Anda sendiri, sehingga Anda dapat mengembangkan jawaban di atas.

Jawaban-jawaban di atas bisa Anda gunakan sebagai referensi atau ilustrasi, dan gunakan bahasa Anda sendiri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu sendiri.

Kunci Jawaban Topik 7 Kelas 6 Page 75 Mengapa kepala sekolah dari cerita sebelumnya menjadi pemimpin idola?

Faktor Penyebab Indonesia Memiliki Keanekeragaman Hayati Yang Sangat Tinggi

Kunci Jawaban Indonesia Page 8 Bagian B berisi tentang hal-hal yang dianggap penting dalam film Beth Indonesia dikenal sebagai negara dengan keanekaragaman hayati yang tinggi. Indonesia memiliki banyak jenis flora dan fauna. Hal ini tidak dimiliki oleh negara lain. Tetapi mengapa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang begitu tinggi? Detailnya akan dibahas di bawah ini.

Sedikitnya 38.000 jenis tumbuhan, 3.000 jenis lumut, 4.000 jenis paku-pakuan, dan sekitar 20.000 jenis tumbuhan (8% dari dunia) telah dipelajari di Indonesia. Oleh karena itu, dari jenis sistem tersebut, masyarakat hanya menggunakan 10%. Penggunaan dalam bentuk makanan, tanaman hias, obat-obatan, bahan bangunan, industri, dll.

Selain tumbuhan, Indonesia juga memiliki keanekaragaman hayati, menurut penelitian IBSAP tahun 2003, terdapat sedikitnya 515 spesies mamalia (36% endemik, peringkat pertama dunia), 35 spesies primata (25% endemik), 511 spesies reptilia, 1.531 spesies burung (kebanyakan endemik), 270 spesies amfibi dan 212 spesies kupu-kupu (44% endemik) di Indonesia. Tidak cukup?

Karena keanekaragaman hayati di Indonesia sangat tinggi, maka rincian di atas akan dijelaskan di bawah ini.

Ri Miliki Megabiodiversity Terbesar Ke 2 Di Dunia, Ini Alasannya

Nah, karena itulah keanekaragaman hayati di Indonesia sangat tinggi. Kekayaan Indonesia merupakan aset yang sangat penting dan harus dilindungi oleh semua kalangan. Dari tua ke muda, bahkan pelajar sekolah. Jagalah kekayaan alam Indonesia, karena kekayaan alam dan keanekaragaman hayati ini, Indonesia adalah negara yang indah dan negara lain tahu bahwa BAB 9 KEANEKARAGAMAN HAYATI DI INDONESIA Ada banyak jenis tumbuhan dan hewan di lingkungan kita. Jika kita perhatikan baik-baik, kita dapat melihat bahwa semua jenis makhluk hidup yang ada di sekitar kita memiliki ciri khasnya masing-masing, antara lain karena perbedaan ukuran, bentuk, jumlah dan variasi warna, sehingga terciptalah keanekaragaman makhluk hidup di alamnya. disebut keanekaragaman hayati. Di dalam keanekaragaman hayati ini, makhluk hidup yang sejenis akan memiliki ciri yang sama dan makhluk hidup yang berbeda jenis juga akan memiliki ciri yang berbeda. DISTRIBUSI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI INDONESIA Terdapat enam wilayah persebaran (biogeografi) makhluk hidup di dunia ini, yaitu zona Neotropik, Nearktik, Etiopia, Palaartik, Timur, dan Australasia. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan lebih dari 1.000 pulau yang terbentang dari ujung barat Pulau Sabang hingga ujung timur Pulau Merauke. Karena Indonesia terletak di daerah tropis antara Zona Timur dan Zona Australia, Indonesia memiliki beragam habitat, termasuk hutan basah dan kering, rawa permanen, padang rumput, gurun, dan pegunungan yang tertutup salju.

Indonesia berada di daerah tropis sehingga memiliki keanekaragaman hayati yang sangat banyak dibandingkan dengan daerah subtropis (iklim sedang) dan kutub (iklim kutub), misalnya Indonesia memiliki hutan hujan tropis. Sebagai perbandingan, di kawasan yang sama, terdapat sekitar 300 spesies pohon di hutan hujan tropis, dan hanya satu atau dua spesies pohon yang ditemukan di hutan beriklim sedang. Inilah mengapa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati tertinggi di dunia, selain Brasil dan Zaire. sebuah. Faktor-Faktor Penyebab Munculnya Keanekaragaman Hayati Di negara kita, Indonesia, terdapat berbagai macam flora dan fauna. Wilayah kepulauan merupakan gugusan pulau dengan ciri geografis yang sangat kompleks yang memungkinkan hewan dan tumbuhan mengikuti pertumbuhan dan perubahan yang terjadi. Selain itu, perubahan iklim juga mempengaruhi kehidupan tanaman dan hewan. 1) Iklim 2) Faktor relief tanah 3) Faktor tanah b. Jenis Flora di Indonesia 1) Kawasan Indonesia Barat 2) Kawasan Indonesia Timur 3) Kawasan Indonesia Tengah c. Jenis satwa liar di Indonesia

Seperti disebutkan di atas, persebaran makhluk hidup di Indonesia berada di antara Zona Timur, Zona Australia, dan Zona Peralihan, sehingga memiliki keunikan tersendiri. sebuah. Zona Timur (Wilayah Barat Indonesia) Zona Timur meliputi Wilayah Barat Indonesia yaitu Kalimantan, Sumatera, Jawa dan Bali, serta hutan hujan tropis yang didominasi oleh pohon-pohon dari famili Dipterocarpaceae. Famili Dipterocarpaceae merupakan tumbuhan tertinggi, membentuk kanopi hutan dan menghasilkan biji bersayap. Tumbuhan dalam famili Dipterocarpaceae antara lain kayu kruing (Dipterocarpaceae), kayu meranti (Shorea spp), kayu kapur (Dryo-balanops aromatica) dan kayu garu (Gonystylus bancanus) serta hutan hujan tropis lebat dan tanaman rimba lebat. Banyak tumbuhan merambat (rambat) seperti pohon mangga (Mangifera indica), pohon durian (Durio zibethinus) dan pohon suku (Artocarpus). b. Zona Australasia (Indonesia Timur) Zona Australasia meliputi Indonesia Timur, khususnya Maluku dan Papua. Di kawasan ini terdapat hutan dengan pohon rendah dan di daerah datar, seperti mato dan ficus (famili banian). c. Zona Peralihan (Indonesia Tengah) Zona Peralihan merupakan kawasan dengan keanekaragaman hayati zona Timur dan Australia. Kawasan ini meliputi wilayah Indonesia bagian tengah yaitu Sulawesi dan Nusa Tenggara. Di kawasan ini terdapat pohon eucalyptus dan oposum yang lebih mirip dengan tumbuhan dan hewan di kawasan Australasia.

Penyebaran makhluk hidup di Indonesia antara zona timur, zona Australia dan zona transisi, sehingga unik dan memiliki banyak tumbuhan dan hewan langka. sebuah. Tumbuhan Langka Apakah di tempat tinggal Anda terdapat tumbuhan seperti sawo, sukun, mato, sagu atau kluwak? Di antara tumbuhan tersebut terdapat tumbuhan langka. Tanaman ini langka karena populasinya sudah menurun.

Keaneka Ragaman Hayati

1 ) Sawo (Manilkara elasticus) 2 ) Berbiji roti (Artocarpus communis) 3 ) Bengkak (Artocarpus heterophyllus) 4 ) Gandaria (Bouea macrophylla) 5 ) Bedali (Radermachera gigantea) 6) Matoa (Pometia pinatalu) Pangium edule) 8 ) Mundu (Garcinia dulcis) 9) Winong (Tetrameles mudiflora) 10) Putat (Plannhonia valida) 11) Bendo (Artocarpus elasticus) 12) Sagu (Metroxylon sagu) b. Satwa langka 4. Tumbuhan dan satwa endemik Indonesia a. Tumbuhan endemik b. Hewan endemik

Di bumi ini, hanya makhluk hidup termasuk manusia yang bisa bertahan hidup. Dalam kehidupannya, manusia selalu membutuhkan makhluk hidup lainnya, misalnya manusia akan membutuhkan sesama jenisnya, manusia juga membutuhkan tumbuhan dan hewan sebagai sumber makanan atau bahan untuk hidup, dan masih banyak peranan tumbuhan dan hewan. . kepadamu. bermain dengan kehidupan manusia. Berbagai tumbuhan dan hewan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, antara lain sebagai sumber pangan, sandang, bahan bangunan tempat tinggal, sumber pendapatan, sumber plasma nutfah, sumber bahan obat, sumber ilmu pengetahuan, dan keindahan. 1. Sumber makanan 2. Sumber sandang 3. Sumber bahan bangunan dan peralatan listrik 4. Pendapatan 5. Sumber plasma nutfah 6.

Contoh keanekaragaman hayati indonesia, mengapa hutan hujan tropis memiliki tingkat keanekaragaman yang tinggi, mengapa keanekaragaman hayati di indonesia tergolong sangat tinggi, mengapa indonesia memiliki keanekaragaman flora dan fauna, keanekaragaman hayati di indonesia pdf, mengapa indonesia memiliki keanekaragaman yang tinggi, keunikan keanekaragaman hayati di indonesia, contoh keanekaragaman hayati di indonesia, mengapa indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, penyebab utama indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, pemanfaatan keanekaragaman hayati di indonesia, makalah keanekaragaman hayati di indonesia

Comments closed.

Facebook comments